Saturday 14 September 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Tentang Selalu Berhemat Energi (1) / Gaya Dan Gerak (3) PART III


A.    TUJUAN
1.      Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan uji panas matahari, siswa mampu
mengidentifikasi pengaruh manfaat energi matahari dalam kehidupan seharihari
2.      setelah kegiatan pencatatan data hasil percobaan, analisa dan menarik
kesimpulan.
3.       Dengan kegiatan berlatih mengerjakan soal-soal, siswa mampu menerapkan
konsep persamaan ekspresi sepasang kalimat matematika menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan, dan perkalian dengan benar.
4.      Dengan kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswa
mampu menggali informasi tentang manfaat energi matahari
5.       Dengan kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswa
mampu menyajikan dalam bentuk peta pikiran dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
6.      Dengan kegiatan variasi lari dan jalan melalui lintasan lurus, zig-zag, dan berbelokbelok,siswa mampu mempraktikkan kombinasi gerak dasar lari dan jalan dengan
teknik yang benar.
7.       Dengan kegiatan gerak dan lagu, siswa mampu menyanyikan dan membaca not
angka lagu Menanam Jagung dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan
tinggi rendah nada
1.         KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan

1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Mengajak berdinamika dengan bernyanyi injit-injit semut
4.      Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
5.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“Indahnya kebersamaan “ sub tema keberagaman budaya bangsa
6.      Melakukan permainan tanpa alat yakni permainan Vampire dan sican

15 menit

1.                  SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak
·         Buku Tematik Kelas IV
·         Buku Pengembangan Diri Anak
·         Buku Permaianan Anak.

2.        PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan format penilaian hasil kerja siswa dalam berkenalan (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Format pengamatan mulai dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       penilaian hasil belajar

-          Tes tertulis
-          Tes Praktek


Mengetahui,
Kepala Sekolah


………………………
NIP. ………………
Guru Penjaskes



………………….
NIP:……………………

No comments:

Post a Comment