A. TUJUAN
1.
Dengan
kegiatan percobaan dan pengamatan uji panas matahari, siswa mampu
mengidentifikasi pengaruh
manfaat energi matahari dalam kehidupan seharihari
2.
setelah
kegiatan pencatatan data hasil percobaan, analisa dan menarik
kesimpulan.
3.
Dengan kegiatan berlatih mengerjakan
soal-soal, siswa mampu menerapkan
konsep persamaan ekspresi
sepasang kalimat matematika menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan,
dan perkalian dengan benar.
4.
Dengan
kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswa
mampu menggali informasi
tentang manfaat energi matahari
5.
Dengan kegiatan membaca teks petualangan
tentang Ali si Biji Energi, siswa
mampu menyajikan dalam
bentuk peta pikiran dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
6.
Dengan
kegiatan variasi lari dan jalan melalui lintasan lurus, zig-zag, dan
berbelokbelok,siswa mampu mempraktikkan kombinasi gerak dasar lari dan jalan
dengan
teknik yang benar.
7.
Dengan kegiatan gerak dan lagu, siswa mampu
menyanyikan dan membaca not
angka lagu Menanam Jagung
dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan
tinggi rendah nada
1.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak
berdinamika dengan bernyanyi injit-injit semut
4.
Meminta informasi
dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan
bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan
pembelajaran.
5.
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“Indahnya kebersamaan “ sub tema keberagaman budaya bangsa
6.
Melakukan
permainan tanpa alat yakni permainan Vampire dan sican
|
15 menit
|
1.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Buku Tematik Kelas IV
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Buku Permaianan Anak.
2.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan format penilaian hasil kerja siswa dalam
berkenalan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Format pengamatan mulai dari kegiatan awal
sampai kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
·
penilaian hasil belajar
-
Tes tertulis
-
Tes Praktek
Mengetahui,
Kepala Sekolah
………………………
NIP. ………………
|
Guru Penjaskes
………………….
NIP:……………………
|
No comments:
Post a Comment