SKENARIO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MATERI PELATIHAN: 4. PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING
ALOKASI WAKTU: 22 JP (@ 45 MENIT)
JENJANG: SD/ MI
KELAS: 4
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
Dilakukan
dengan mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnnya.
|
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Pengkondisian Peserta
|
15 Menit
|
Perkenalan
|
||
Fasilitator
menjelaskan nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario
kegiatan pembelajaran materi pelatihan Praktik
Pembelajaran Terbimbing.
|
||
Fasilitator memotivasi peserta, mengajak berdinamika
agar saling mengenal, serius, semangat, dan bekerja sama saat proses
pembelajaran berlangsung.
|
||
KEGIATAN INTI
|
4.1 Simulasi Pembelajaran
|
385 Menit
|
Pemaparan Strategi
Pengamatan Video Pembelajaran dengan menggunakan bahan tayang PPT-4.1 oleh
fasilitator.
|
20 Menit
|
|
Penayangan video pembelajaran
tematik integratif di kelas 4 dengan menggunakan V-2.1/4.1.
|
30 Menit
|
|
Kerja kelompok untuk
menganalisis tayangan video pembelajaran dengan fokus pada penerapan
pendekatan scientific dan penilaian
autentik dengan menggunakan LK 4.1.
|
70 Menit
|
|
Menyimpulkan alur
pembelajaran tematik integratif yang berorientasi pada pendekatan scientific dan penilaian autentik.
|
30 Menit
|
|
Kerja kelompok untuk
merevisi RPP sesuai dengan hasil analisis tayangan video pembelajaran.
|
135 Menit
|
|
Presentasi contoh RPP
yang akan digunakan dalam kegiatan peer
teaching.
|
90 Menit
|
|
ICE BREAKER
|
10 Menit
|
|
4.2 Peer
Teaching
|
590 Menit
|
|
Paparan oleh
fasilitator tentang Panduan Tugas Praktik Pelaksanaan Pembelajaran melalui peer teaching dengan menggunakan PPT-
4.2-1.
|
20 Menit
|
|
Paparan oleh
fasilitator tentang Garis Besar Instrumen Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
dengan menggunakan PPT-4.2-2.
|
20 Menit
|
|
Persiapan peer
teaching.
|
15 Menit
|
|
Praktik peer
teachingpembelajaran tematik integratifsecara
individual, untuk setiap peserta 30 menit dipandu fasilitator.
|
480 Menit
|
|
Menilai kegiatan peer
teachingoleh fasilitator dengan menggunakan
instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran LK-4.2.
|
||
Refleksi terhadap
pelaksanaan peer teaching.
|
40 Menit
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Membuat rangkumanmateri pelatihanPraktik
Pembelajaran Terbimbing.
|
15 Menit
|
Refleksi
dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
|
||
Fasilitator mengingatkankan peserta
agar membaca referensi yang relevan.
|
||
Fasilitator menutup pembelajaran.
|
No comments:
Post a Comment