Thursday 12 September 2013

SKENARIO KEGIATAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING KURIKLUM 2013

SKENARIO KEGIATAN PEMBELAJARAN
MATERI PELATIHAN:  4. PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING
ALOKASI WAKTU:      22 JP (@ 45 MENIT)
JENJANG:                    SD/ MI
KELAS:                         4
TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU

PERSIAPAN
Dilakukan dengan mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnnya.

KEGIATAN PENDAHULUAN
Pengkondisian Peserta
15 Menit
Perkenalan
Fasilitator menjelaskan nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran materi pelatihan Praktik Pembelajaran Terbimbing.
Fasilitator memotivasi peserta, mengajak berdinamika agar saling mengenal, serius, semangat, dan bekerja sama saat proses pembelajaran berlangsung.
KEGIATAN INTI
4.1 Simulasi Pembelajaran
385 Menit
Pemaparan Strategi Pengamatan Video Pembelajaran dengan menggunakan bahan tayang PPT-4.1 oleh fasilitator.
20 Menit
Penayangan video pembelajaran tematik integratif di kelas 4 dengan menggunakan V-2.1/4.1.
30 Menit
Kerja kelompok untuk menganalisis tayangan video pembelajaran dengan fokus pada penerapan pendekatan scientific dan penilaian autentik dengan menggunakan  LK 4.1.
70 Menit
Menyimpulkan alur pembelajaran tematik integratif yang berorientasi pada pendekatan scientific dan penilaian autentik.
30 Menit
Kerja kelompok untuk merevisi RPP sesuai dengan hasil analisis tayangan video pembelajaran.
135 Menit
Presentasi contoh RPP yang akan digunakan dalam kegiatan peer teaching.
90 Menit
ICE BREAKER
10 Menit
4.2 Peer Teaching
590 Menit
Paparan oleh fasilitator tentang Panduan Tugas Praktik Pelaksanaan Pembelajaran melalui peer teaching dengan menggunakan PPT- 4.2-1.
20 Menit
Paparan oleh fasilitator tentang Garis Besar Instrumen Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan PPT-4.2-2.
20 Menit
Persiapan peer teaching.
15 Menit
Praktik peer teachingpembelajaran tematik integratifsecara individual, untuk setiap peserta 30 menit dipandu fasilitator.
480 Menit
Menilai kegiatan peer teachingoleh fasilitator dengan menggunakan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran LK-4.2.
Refleksi terhadap pelaksanaan peer teaching.
40 Menit
KEGIATAN PENUTUP
Membuat rangkumanmateri pelatihanPraktik Pembelajaran Terbimbing.
15 Menit
Refleksi dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
Fasilitator mengingatkankan peserta agar membaca referensi yang relevan.
Fasilitator menutup pembelajaran.



No comments:

Post a Comment